Nur Mahmudi Ismail bersma Indra Bekti ssat peluncuran Partai Ember. (depoknews/mujiran)
Depok News – Ketua  LSM Peduli Alas (Air, Lingkungan dan Sampah) Tris menyatakan dukungannya terhadap program Partai Ember yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.
“Kami mendukung penuh program pemilahan sampah yang digalakkan oleh Pemkot Depok demi kebaikan pengolahan sampah di Kota Depok.” ujarnya, Selasa (26/1/2016).

“Atas nama LSM Peduli Alas kami mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Depok untuk bersama mensukseskan program ini. Peran serta masyarakat sangat penting demi kesuksesan program ini dan tentunya  demi mewujudkan Kota Depok yang ramah lingkungan,” jelasnya.Tris mengungkapkan jika saat ini Kota Depok yang memiliki jumlah penduduk sekitar 2,2 juta jiwa  sudah menghasilkan sampah sebanyak 1.200 ton per hari. Ia menambahkan titik kulminasi sampah masyarakat Kota Depok yang dibuang setiap hari mencapai 0,6 kg sampai 0,8 kg.
Sementara itu Sekjen LSM Peduli Alas Eko Wardaya mengatakan dalam upaya mensukseskan program Partai Ember menurutnya harus ada keterlibatan pemuda dan pelajar Kota Depok.
“Sudah menjadi suatu kewajiban bagi pemuda dan pelajar untuk peduli terhadap lingkungannya,”paparnya.
Sebelumnya, Pemkot Depok beberapa waktu lalu mencanangkan program pemilahan sampah dengan nama Partai Ember. Ember disini merupakan singkatan dari Ekonomis, Murah dan Bersih sebagai lanjutan dari pemilahan sampah organik dan non organik.
Mekanisme dari Partai Ember adalah pemilahan sampah organik di setiap rumah. Nantinya, sampah organik yang telah dipilah tersebut dikumpulkan di ember kecil pada tiap rumah.
“Selanjutnya akan dikumpulkan lagi di ember besar yang  terletak di tengah-tengah antara 20 dan 30 rumah dalam satu RT. Lalu, sampah organik di ember besar akan diangkut oleh tim dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Depok,” pungkasnya.
LSM Peduli Alas adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang beranggotakan pelajar, mahasiswa dan pemuda di Kota Depok yang peduli terhadap lingkungan Kota Depok terutama Air dan Sampah.(mia/muj)